Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Handphone

Sering kali Handphone mengalami ganguan atau kerusakan pada handphone. Biasanya kerusakan pada Handphone akan mengalami pada layar, lampu LED, RAM, Audio, Kamea,dll. Kerusakan Handphone terjadi akhir jatuhnya Handphone atau kapasitas terlalu rendah. Handphone yaitu sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang memiliki kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun sanggup dibawa keman-mana ( portable ) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon memakai kabel ( nirkabel, wireless ). Berikut yaitu kerusakan yang sering terjadi pada Handphone.

1. Integrated Circuit (IC) Power

IC Power merupakan perangkat inti mesin ponsel. Gejala kecil pada ponsel bisa berujung pada penyakit paling kronis yang terletak di komponen ini. Jika sudah pada titik ini, ponsel Anda antara hidup dan mati.

Penyebab kerusakan pada IC Power umumnya terjadi lantaran jaringan listrik pada dikala Anda men-charge ponsel tidak stabil dan sering naik-turun. Hal ini disebabkan oleh listrik tegangan tinggi. Kaprikornus buat Anda yang tinggal berdekatan dengan tiang listrik tegangan tinggi, waspadai kerusakan ponsel dikala men-charge.

2. Flexi Cable

Umumnya terjadi pada ponsel clamshell atau ponsel lipat. Flexi Cable merupakan penghubung antara mesin ponsel dan LCD. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, LCD pada ponsel akan blank atau mati. Penyebabnya, ponsel sering terkena air dan terjatuh.

3. Driver LCD (Liquid Crystal Display)

Kerusakan pada layar LCD umumnya disebabkan oleh ponsel yang sering jatuh. Hal ini memang biasa terjadi, namun dengan tingkat kerusakan yang berbeda. Jika layar sudah “koma”, sudah niscaya driver LCD ponsel Anda, terkena gangguan hebat. Suka atau tidak, Anda harus menggantinya.

4. Driver Lampu

Lampu ponsel tak juga berfungsi, bisa jadi lantaran ponsel sering terkena air atau lembab. Sarung ponsel dari plastik yang jarang dibuka juga berpengaruh. Minimal buka sarung seminggu sekali untuk menawarkan udara segar bagi ponsel Anda.

5. IC Plus

Jika ponsel Anda dilengkapi bermacam-macam fitur dan aplikasi, berhati-hatilah. Pengoperasian sajian yang tak sabaran atau semaunya bisa merusak ponsel. Misalnya, sesudah memainkan games, Anda pribadi tekan tombol off (End Call), atau tanpa melalui Exit. Hal ini menjadikan sistem software yang bekerja sesuai hukum di ponsel ngambek. Alias IC plus pada ponsel terganggu referensi kerjanya. Untuk menghindarinya, ikuti hukum main pada ponsel dengan rajin membaca buku panduan. Hati-hati juga dikala menghapus aplikasi pada ponsel. Kerusakan IC Plus bisa juga disebabkan lantaran aplikasi explorer pada ponsel tak sengaja terhapus.

6. IC RAM

Ponsel dengan memori eksternal ataupun internal rentan terhadap virus pada ponsel. Penggunaan Bluetooth yang sembarangan ketika Anda men-transfer atau men-download data, menjadi jalur yang paling riskan.

Selain ulah virus, kerusakan pada IC RAM juga disebabkan lantaran memori ponsel Anda jebol. Kapasitas memori tak seimbang dengan jumlah data yang Anda input. Jadi, perhatikan sejauh mana memori ponsel bisa menyiman foto atau lagu-lagu.

7. IC Power Amplifier (PA)

Kinerja IC PA sangat bergantung pada posisi Anda dikala memakai ponsel. Jika Anda sedang berada dalam gedung, basement, atau sedang di luar kota yang jauh dari lokasi BTS, kinerja IC PA dalam mencari sinyal akan kurang maksimal.

Nah, kalau Anda tidak sedang berada pada kondisi tersebut namun sinyal tetap saja tidak stabil, ini membuktikan IC PA ponsel Anda rusak. Penyebab kerusakan masih serupa, yaitu ponsel jatuh, kena air, sehingga IC PA korslet dan terbakar.

8. IC Audio

Jika fungsi audio pada ponsel tidak maksimal, bunyi telepon jadi tidak berbunyi. Perangkat ini ada pada speaker atau buzzer (bunyi ringtone). Speaker ponsel tak berfungsi ketika tahanan kaki speaker tidak kencang atau tidak melekat pada mesin. Untuk memeriksanya, tekan serpihan speaker kemudian minta rekan Anda menelepon ponsel Anda. Jika speaker masih saja tak berbunyi, saatnya Anda harus mengunjungi sentra reparasi.

9. Keypad

Kotoran yang masuk ke sela-sela keypad yaitu biang kerok kerusakan keypad. Jika masih bisa dibersihkan dan keypad berfungsi normal, Anda tak perlu mengeluarkan biaya servis. Tetapi kalau IC keypad sudah dimasuki kotoran halus atau cipratan air yang sering mengenai keypad, Anda harus segera memperbaikinya.

10. Kamera

Jika kamera beresolusi 3MP tidak berfungsi dengan baik, hanya ada dua kemungkinan. Pertama, iklan telah menipu Anda. Kedua, software pada ponsel corrupt atau rusak. Gejalanya gampang saja. Gambar tampak tak tepat di layar, cahaya tidak terang, atau gambar pecah.

Baca juga:

Cara mengatasi komputer yang lelet Keunggulan iphone dibanding Smart Androidcara mempercepat kerja ramvirus komputer yang berbahaya di duniajam tangan wearable mi grup musik 3 akan diluncurkan

Tags: